JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Developing Interactive Media in Teaching Narrative Text Using Adobe Flash Cs6 at The Tenth Grade of SMKN 2 Pulau Punjung

Khairati, Siti (Unknown)
Safitri, Loli (Unknown)
Syahrul, Syahrul (Unknown)
Reflinda, Reflinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui effektifitas dari menggunakan media interaktif untuk mengajar narrative text menggunakan adobe flash cs6 dan untuk mengembangkan media untuk kelas sepuluh dari SMKN 2 Pulau Punjung. Di penelitian ini, peneliti menemukan beberapa masalah di dalam kelas: guru menjelaskan materi menggunakan papan tulis, guru menggunakan power point tapi itu tidak interaktif dan kurang menarik dan kurang animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif dalam mengajar narrative teks menggunakan adobe flash cs6. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur ADDIE. Proses ADDIE terdiri dari 5 tahap: 1) analisis 2) disain 3) pengembangan 4) penerapan 5) evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas 10 SMKN 2 PulauPunjung. Instrument penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Kecocockan dari media interaktif dalam mengajar narrative text menggunakan adobe flash cs6 sebagai berikut: 1) hasil rata-rata dari validasi oleh ahli adalah 0,73, 2) hasil rata-rata dari angket guru adalah 92,75, 3) hasil rata-rata dari angket siswa adalah 89,95, 4) sebagai data pendukung, menunjukkan nilai siswa. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 23,09 dan nilai rata-rata dari post-test adalah 79,52. Nilai rata-rata kedua score adalah 25,53. Nilai rata-rata siswa pada post-test lebih dari 75, yakni 79,52. Maka, nilai rata-rata meningkat. Artinya media ini lebih efektif. Berdasarkan penelitian, produk ini telah teruji validitas, kepraktisan dan keefektifannya kemudian dapat digunakan sebagai media pembelajaran sehingga hasil proses pembelajaran lebih menarik dan siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...