JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perancangan Game “JarDas” Berbasis Android sebagai Alternatif Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Jaringan Komputer Dasar untuk Siswa Kelas X TJKT Di SMK Negeri Jenawi

Nashir, Nashir (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)
Widhoyoko, Yudhistiro Pandu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model prosedur penelitian ADDI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, serta diuji menggunakan Black Box Testing dan validasi oleh para ahli, dengan melibatkan peserta didik untuk menilai kelayakan game “JarDas”. Analisis kelayakan produk menggunakan Skala Likert. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kelayakan serta kemudahan akses game “JarDas” berbasis android sebagai media pembelajaran interaktif pada materi jaringan komputer dasar kepada siswa kelas X TJKT 3 di SMK Negeri Jenawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game “JarDas” sangat layak menurut ahli media (87,33%), ahli materi (84,67%), dan pendidik (81,78%). Rata-rata respon siswa terhadap game ini mencapai 89,86%, menunjukkan kelayakan yang sangat tinggi. Dengan demikian, game “JarDas” dinyatakan sangat layak digunakan menjadi media pembelajaran interaktif serta sarana hiburan belajar mandiri dimanapun dan kapanpun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...