JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode SAS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 7 Surakarta

Dhevi Anastia Richakza Indrajatun (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Puspita Indra Wardhani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Irfani Salsabilla (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca awal siswa kelas I SD Muhammadiyah 7 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes keterampilan membaca, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data tes keterampilan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan tindakan hanya 7 siswa atau 29,16% yang tuntas. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa atau 54,16%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 22 siswa atau persentase 91,66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode struktural analitis sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca awal siswa SD Muhammadiyah 7 Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...