JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Metode PQ4R (Preview, Quastion, Read, Reflect, Recite, Review) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta

Muharochma, Wahyu (Unknown)
Widiyatmoko, Wahyu (Unknown)
Kasmuji, Kasmuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta melalui metode PQ4R. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan dua siklus, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 22 peserta didik di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian yang didapatkan berupa deskripsi mengenai hasil peningkatan yang cukup signifikan di setiap siklus pada nilai rata-rata peserta didik. Pada tahap pra-siklus hanya terdapat 13,6% peserta didik kategori baik dalam kemampuan pemahaman membaca. Kemudian, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 59%. Lebih lanjut, pada siklus II terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 86,3%, dengan kategori baik dalam membaca pemahaman. Metode PQ4R dapat sebagai salah satu alternatif yang efektif dalam membantu peseta didik yang mengalami kesulitan membaca pemahaman dalam suatu teks bacaan, sebab peserta didik dapat mencari, mengingat, dan memahami isi dari suatu bacaan dengan lebih mudah dan tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...