Hakikat manusia dalam perspektif Pendidikan Islam Filsafat merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendasar yang dapat menentukan kehidupan manusia. Mencari hakikat hakikat manusia tidak bisa hanya asyik memikirkan tentang unsur dasar itu menentukan manusia, seperti aspek jasmani dan aspek rohani yang meliputi : nafsu, akal, qalb dan ruh. Tapi elemen dasarnya yang ada pada diri manusia menjadi landasan ketika kita akan melakukannya memahami sifat manusia. Dengan mendasarkan pada pemahaman manusia hakikat, kegiatan dan proses pendidikan dijalankan dan bertujuan untuk mampu untuk mengembangkan kepribadian manusia. Sepanjang pekerjaan ini penulis menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Data yang diperoleh dari penelitian studi kepustakaan bersumber dari buku serta jurnal yang relevan.Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui tentang hakikat manusia dan pendidikan, dengan manfaat adalah memberikan pengertian dan pengetahuan yang lebih tentang hakikat manusia dan pendidikan. Adapun kesimpulannya adalah bahwa pada hakikatnya manusia dan pendidikan adalah satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan karena subjek dan objek dari pendidikan itu sendiri adalah manusia.
Copyrights © 2024