Berdasarkan data pra siklus, keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN 5 Sindangkasih tergolong rendah. Maka dari itu, peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada keterampilan menyimak siswa setelah diterapkannya model PBL berbantuan media audio visual yang diperoleh dari hasil aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar siswa. Hasil pada Siklus I memperoleh rata-rata sebesar 66,58 dengan persentase keberhasilan belajar 47,82%. Siklus II memperoleh rata-rata di angka 77,71 dengan persentase keberhasilan belajar 82,61%. Berdasarkan hasil akhir pada siklus II bahwa penerapan model PBL berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.
Copyrights © 2024