JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Deskripsi Siswa Sekolah Dasar

Mila Oksanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Indah Nurmahanani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Primanita Sholihah Rosmana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Berdasarkan data pra siklus, keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN 5 Sindangkasih tergolong rendah. Maka dari itu, peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada keterampilan menyimak siswa setelah diterapkannya model PBL berbantuan media audio visual yang diperoleh dari hasil aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar siswa. Hasil pada Siklus I memperoleh rata-rata sebesar 66,58 dengan persentase keberhasilan belajar 47,82%. Siklus II memperoleh rata-rata di angka 77,71 dengan persentase keberhasilan belajar 82,61%. Berdasarkan hasil akhir pada siklus II bahwa penerapan model PBL berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...