Membaca merupakan salah aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasi. Kegiatan membaca harus disertai dengan pemahaman, bertujuan untuk mendapatkan sebuah pengetahuan baru. Penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desaian non-equavalent pre-test post-test control group dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan berupa test dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran CIRC sebesar 71,2%. Hasil uji N-Gain berada pada kualifikasi sedang dengan interpretasi cukup efektif, sementara pada kelas kontrol berada pada kualifikasi sedang dengan interpretasi tidak efektif. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran CIRC lebih baik dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi.
Copyrights © 2024