JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Jati, Andina Aisyah Eka (Unknown)
Wulan, Neneng Sri (Unknown)
Fajrussalam, Hisny (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Membaca merupakan salah aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasi. Kegiatan membaca harus disertai dengan pemahaman, bertujuan untuk mendapatkan sebuah pengetahuan baru. Penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desaian non-equavalent pre-test post-test control group dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan berupa test dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran CIRC sebesar 71,2%. Hasil uji N-Gain berada pada kualifikasi sedang dengan interpretasi cukup efektif, sementara pada kelas kontrol berada pada kualifikasi sedang dengan interpretasi tidak efektif. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran CIRC lebih baik dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...