JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Eksplorasi Etnomatematika pada Tenda Pramuka

Hidayatulloh Hidayatulloh (Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada tenda pramuka sebagai sarana pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik bagi siswa sekolah dasar dan menengah. Etnomatematika yang menggabungkan budaya dan konsep matematika, diterapkan dalam mendirikan tenda pramuka yang melibatkan konsep geometri seperti jajar genjang, persegi panjang, dan segitiga sama kaki. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan basis pendekatan etnografik yang melibatkan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tenda Pramuka memiliki unsurunsur matematika yang penting dan dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengajar matematika. Implementasi konsep geometri pada tenda pramuka mencakup pemahaman pola, pengukuran, dan pemecahan masalah, yang semuanya dapat meningkatkan antusiasme dan keterampilan matematika siswa. Penelitian ini menyarankan penggunaan tenda pramuka sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematika secara lebih efektif dan kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...