Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada tenda pramuka sebagai sarana pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik bagi siswa sekolah dasar dan menengah. Etnomatematika yang menggabungkan budaya dan konsep matematika, diterapkan dalam mendirikan tenda pramuka yang melibatkan konsep geometri seperti jajar genjang, persegi panjang, dan segitiga sama kaki. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan basis pendekatan etnografik yang melibatkan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tenda Pramuka memiliki unsurunsur matematika yang penting dan dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengajar matematika. Implementasi konsep geometri pada tenda pramuka mencakup pemahaman pola, pengukuran, dan pemecahan masalah, yang semuanya dapat meningkatkan antusiasme dan keterampilan matematika siswa. Penelitian ini menyarankan penggunaan tenda pramuka sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematika secara lebih efektif dan kontekstual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024