Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa di SMA Negeri 2 Lakudo. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yakni kelas ekperimen dan kelas pembanding. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik kluster random sampling. Sampel berada pada tahun akademik 2023/2024. Data penelitian dikumpulkan menggunakan subjektif test. Test merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Statistik deskriptif dan inferensial merupakan statistik untuk menganalisis data tentang keterampilan berbahasa Inggris siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan “video saluran geografis nasional” dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa di SMA Negeri 2 Lakudo. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes awal pada kelas ekperimen adalah 40.16 dan berada pada kategori rendah. Kemudian nilai rata-rata tes akhir pada kelas ekperimen adalah 84.72 dan berada pada kategori sangat baik. Ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan “video saluran geografis nasional” sangat efektif diimplementasikan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dalam aspek ketepatan, kelancaran dan pemahaman.
Copyrights © 2024