JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menganalisis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Kalicari 01 Semarang

Ariyani, Dwi (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Suharno, Suharno (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menganalisis pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SDN Kalicari 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitiaan kuantitatif dengan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas II SDN Kalicari 01 Semarang semester II tahun ajaran 2023/2024. Jumlah peserta didik seluruhnya ada 27 yang meliputi 11 perempuan dan 16 laki-laki. Data penelitian ini adalah hasil tes menganalisis pada pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai pretest terendah 40 dan nilai pretest tertinggi 80. Sedangkan nilai posttest terendah 70 dan nilai posttest tertinggi 100. Dari hasil data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Kalicari 01 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...