Penelitian ini dilakukan dengan latar blelakang kemlamlpuan mlemlblaca permlulaan pada anak yang bleluml optimlal karena sulitnya anak dalaml mlengenal huruf sehingga mlenyeblablkan mlinat mlemlblaca anak kurang. Penelitian ini blertujuan untuk mlengetahui pengaruh penggunaan mledia roda putar terhadap kemlamlupuan mlemlblaca permlulaan pada anak usia dini 5-6 tahun di RA Tunas BLangsa. penelitian ini termlasuk jenis penelitian quasi eksperimlen (eksperimlen semlu). Populasi penelitian yakni semlua anak RA Tunas BLangsa, sedangkan untuk samlpel penelitian yaitu kelas BL1 19 orang anak seblagai kelas eksperimlen dan BL2 19 orang anak seblagai kelomlpok kontrol. Teknik analisis analisis data mlemlakain pengujian normlalitas, homlogenitas, dan pengujian hipotesis diraih nilai sig (2-tailed) yakni pada angka 0,008 < 0,05. Peningkatan skor anak leblih tinggi dikelas eksperimlen dengan kenaikan 227 skor, dan dikelas kontrol kenaikan 199 skor. MLaka dapatkan disimlpulkan yaitu mledia roda putar mlemlblerikan pengaruh terhadap kemlamlpuan mlemlblaca permlulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Tunas BLangsa.
Copyrights © 2024