Pembelajaran adalah suatu proses dalam pembentukan diri siswa dalam aspek pertumbuhan dan perubahan pada pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan peningkatan tentang kebugaran jasmani dalam aspek gerak dan kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setelah diberikan penerapan permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, quasi experiment dengan desain pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu yang berada di kelas X-2 dengan jumlah 27 siswa hasil pembahasan dalam penelitian ini terkait pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan adanya pengaruh dari penerapan perlakuan (treatment) permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu. Besar pengaruh dari permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidayu. Terbukti pada persentase peningkatan sebesar 0,85%
Copyrights © 2024