JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Adaptasi Peningkatan Resiliensi Ekonomi Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Di Kecamatan Padang Utara

Rahmi, Rahmi (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Kota Padang merupakan salah satu wilayah di Sumatera Barat yang sering mengalami banjir hampir setiap tahun. Salah satunya Kecamatan Padang Utara yang beresiko tinggi terdampak banjir. Banjir ini memberikan kerugian ekonomi, sosial dan budaya. Upaya untuk mengurangi kerugian ini dilakukan dengan meningkatkan kemampuan adaptasi mereka terhadap banjir melalui peningkatan resiliensi ekonomi masyarakat terhadap bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat resiliensi ekonomi masyarakat Kecamatan Padang Utara terhadap bencana banjir dan mengetahui upaya adaptasi yang dilakukan masyarakat Kecamatan Padang Utara dalam meningkatkan resiliensi masyarakat terhadap bencana banjir di Kecamatan Padang Utara. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penarikan sampel wilayah dalam penelitian ini dilakukan dengan cara probability sampling melalui area sampling (cluster area sampling). Berdasarkan hasil penelitian tingkat resiliensi ekonomi masyarakat di Kecamatan Padang Utara tergolong tinggi dengan nilai akhir 4,13. Tingginya tingkat resiliensi ini disebabkan oleh tingginya nilai dari variabel-variabel yang telah dinilai menggunakan metode skoring dan klasifikasi. Terdapat 4 upaya adaptasi yang dilakukan masyarakat dalam meningkatkan resiliensi terhadap bencana banjir, yaitu: upaya peninggian lantai rumah, adanya organisasi sosial peduli lingkungan dan tanggap bencana, perbaikan kondisi fisik rumah, dan membuat penahan air didepan pintu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...