JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Pengaruh Kegiatan Literasi terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Nazara, Silvia Niat Sari (Unknown)
Zega, Elsa Fitriana (Unknown)
Waruwu, Niberkati (Unknown)
Harefa, Noveri Amal Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kegiatan literasi pada peningkatan kemampuan membaca siswa di tingkat sekolah menengah pertama. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi membaca siswa di Indonesia yang dapat menghambat pemahaman konsep-konsep pelajaran dan mempengaruhi prestasi akademik secara keseluruhan. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa adalah melalui kegiatan literasi di sekolah. Penelitian ini menganalisis pengaruh kegiatan literasi terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan literasi berdampak positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Beberapa rekomendasi yang diberikan adalah perlunya dukungan dari pihak sekolah, guru, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan program literasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...