JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung

Fitri, Zahratul (Unknown)
Anggraini, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Ketiga, menjelaskan kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 212 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 42 siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,36. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84. Ketiga, penguasaan kosakata berkontribusi sebesar 50,4% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis teks eksposisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...