Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Ketiga, menjelaskan kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 212 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 42 siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,36. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84. Ketiga, penguasaan kosakata berkontribusi sebesar 50,4% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis teks eksposisi.
Copyrights © 2024