Berbagai program kegiatan yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya adalah belajar tambahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran. Jika siswa memiliki motivasi dalam mengikuti belajar tambahan di sekolah maka pemahaman siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut akan bagus dan cepat mencerna pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Sukses atau tidaknya program tersebut ditentukan oleh banyak hal salah satunya adalah motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: motivasi siswa mengikuti belajar tambahan ditinjau dari status pekerjaan orangtua PNS dan swasta. Dan melihat perbedaan motivasi siswa mengikuti belajar tambahan antara pekerjaan orangtua PNS dan swasta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif dan komparatif. Populasinya adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Padang. Jumlah sampel sebanyak 130 orang yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dan dikombinasikan dengan teknik proportional random sampling. Temuan penelitian memperlihatkan: secara umum motivasi siswa mengikuti belajar tambahan ditinjau dari status pekerjaan orangtua PNS dan swasta berada pada kategori sedang dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara siswa yang orangtuanya PNS dan swasta (signifikansi 0,267). bstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf Arial ukuran 11, spasi 1 dan dengan panjang teks antara 100-150 kata. Untuk artikel dalam bahasa Inggris, abstrak bahasa Indonesia tidak perlu diikutsertakan. Abstrak versi Bahasa Indonesia ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan. Penulisan singkatan dan rumus matematika di dalam abstrak perlu dihindari. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024