Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 anak gangguan spektrum autisme (GSA) kelas III di SLB Negeri Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 anak gangguan spektrum (GSA) setelah diberikan tindakan berupa penggunaan media balok cuisenaire. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, yang mengajar di kelas III anak gangguan spektrum autisme (GSA) di SLB Negeri Tebo, yang berjumlah satu siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapaun skor hasil akhir yang diperoleh siswa dengan dua siklus yaitu 90%, pada tindakan siklus I memperoleh 60% dan pada siklus II memperoleh skor nilai 90%. Berdasarkan dari data tersebut kesimpulan yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 menggunakan balok cuisenaire.
Copyrights © 2024