JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Bilangan 1 – 10 Menggunakan Media Balok Cuisenaire pada Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Kelas III Di SLB Negeri Tebo

Adhitya Jarot (Universitas Negeri Padang)
Rahmatrisilvia Rahmatrisilvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 anak gangguan spektrum autisme (GSA) kelas III di SLB Negeri Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 anak gangguan spektrum (GSA) setelah diberikan tindakan berupa penggunaan media balok cuisenaire. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, yang mengajar di kelas III anak gangguan spektrum autisme (GSA) di SLB Negeri Tebo, yang berjumlah satu siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapaun skor hasil akhir yang diperoleh siswa dengan dua siklus yaitu 90%, pada tindakan siklus I memperoleh 60% dan pada siklus II memperoleh skor nilai 90%. Berdasarkan dari data tersebut kesimpulan yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan operasi pengurangan bilangan 1-10 menggunakan balok cuisenaire.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...