Pendidikan salah satu bentuk upaya dalam membantu siswa membentuk jiwa yang baik, lahir maupun batin. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam belajar reguler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler softball di SMP Negeri 29 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimen dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler softball di SMP Negeri 29 Surabaya berada pada kategori “baik” dengan persentase sebesar 40,74%. Data menunjukkan motivasi intrinsik lebih banyak, yaitu sebesar 59,69% dari total, sedangkan motivasi ekstrinsik sebesar 40,31%. Pada motivasi instrinsik menunjukkan indikator fisik yang dominan seperti keinginan untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kebugaran jasmani, dan mencapai postur tubuh ideal. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik menunjukkan indikator pelatih yang dominan dengan pelatih yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan program pelatihan sesuai dengan kebutuhan individu siswa sehingga pelatih mampu membimbing siswa untuk mencapai keberhasilan kejuaraan dalam kompetisi yang mereka ikuti.
Copyrights © 2024