JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas 2 SDN Gajahmungkur 04 dalam Pemecahan Masalah Matematika

Rizkiya, Achlis (Unknown)
Damayanti, Aries Tika (Unknown)
Suprihatini, Ganis (Unknown)
Kusumaningsih, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas II SDN Gajahmungkur 04 dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan kemampuan literasi dan numerasinya. Melakukan latihan literasi membaca matematika atau berhitung dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kualitas sumber daya manusia. Agar siswa sekolah dasar dapat berkontribusi terhadap kemajuan dan pembangunan suatu negara, pengajaran berhitung sangatlah penting. Enam siswa dari kategori rendah, sedang, dan tinggi dijadikan sebagai partisipan penelitian pada penelitian deskriptif kualitatif ini. Lembar kerja untuk siswa dan wawancara berfungsi sebagai alat penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca dan berhitung siswa terbagi dalam tiga kategori: rendah, sedang, dan tinggi. Mayoritas siswa membaca konsep matematika pada tingkat yang wajar, sementara beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami atau menggunakan rumus untuk memecahkan masalah. Guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan meningkatkan kurikulum, melakukan perbaikan, pengayaan materi dan memberikan sebuah penghargaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...