JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Fauziah, Iin (Unknown)
R, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VII tanpa menggunakan model pembelajaran POE berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai rata-rata 53,35. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VII menggunakan model pembelajaran POE berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 75,97. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE masalah terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang karena nilai thitung>ttabel (6,67 > 2,03).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...