JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Perbandingan Nilai Lahan Dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Kecamatan Koto Tangah Tahun 2023

Putra Mondia, Hafief (Unknown)
Ahyuni, Ahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis sebaran nilai lahan di Kawasan Koto Tangah Barat dan Timur pada tahun 2023. (2) Menganalisis sebaran nilai lahan berdasarkan NJOP di Kawasan Koto Tangah Barat dan Timur pada tahun 2023. (3) Menganalisis perbandingan nilai lahan dengan NJOP di Kawasan Koto Tangah Barat dan Timur pada tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi penelitian adalah Kawasan Koto Tangah Barat dan Kawasan Koto Tangah Timur. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik Cluster Sampling. Sampel nilai lahan berjumlah 110 titik sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebaran nilai lahan di Kawasan Koto Tangah Barat dan Timur dipengaruhi oleh status jalan, penggunaan lahan, dan kerentanan bahaya bencana tsunami. (2) Sebaran NJOP di Kawasan Koto Tangah Barat dan Timur dipengaruhi oleh status jalan dan penggunaan lahan. (3) Berdasarkan hasil overlay perbandingan NJOP dengan nilai lahan menunjukkan bahwa di Kawasan Koto Tangah Barat, Kelas Tinggi-Tinggi mendominasi dengan luas 228,12 Ha di Kelurahan Lubuk Buaya, sementara Kelas Sedang-Tinggi mencakup 123,03 Ha di Kelurahan Batang Kabung Ganting. Kelas Rendah-Rendah mendominasi seluas 382,56 Ha di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Di Kawasan Koto Tangah Timur, kelas Tinggi-Tinggi mencakup 18,95 Ha di Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto Balai Gadang, Kelas Sedang-Sedang seluas 86,64 Ha di Batipuh Panjang, dan kelas Rendah-Sedang seluas 180,25 Ha di Kelurahan Lubuk Minturun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...