JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

AR (Augmented Reality) Sebagai Media Pembelajaran Geografi Kelas X MAN 2 Padang Panjang

Fiana Aprilia, Gina (Unknown)
Novio, Rery (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektifitas AR (Augmented Reality) sebagai media pembelajaran geografi, Untuk mengetahui dampak AR terhadap interaksi sosial siswa, Untuk mengetahui respon guru dan siswa tentang penggunaan AR. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed method melalui teknik proporsional random sampling di 6 kelas X oleh 70 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara melalui guru dan siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa AR sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran geografi dengan hasil rata-rata efektifitas AR 87,1%. AR juga berdampak positif terhadap interaksi sosial siswa dengan persentase 79,5% dalam partisipasi aktif, komunikasi efektif, sikap empati, kerjasama, dan penanganan konflik. Respon guru dan siswa terhadap penggunaan AR juga positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...