JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analysis of Teacher Competency in the Merdeka Curriculum at SD Negeri Galiran

Dinar Ayu Mirunggan Sari (Universitas Safin Pati)
M. Nurul Akbar Adityatama (Universitas Safin Pati)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menjelaskan tentang analisis kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Guru merupakan pendidik yang berada di garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu mengimplementasikan kurikulum pada setiap satuan pendidikan. Kurikulum merupakan suatu rencana dan pengaturan mengenai materi pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Kurikulum Merdeka digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Dalam kurikulum Merdeka, peserta didik memiliki hak untuk berpikir kreatif dalam proses mencari ilmu pengetahuan dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan dan teknik analisis isi untuk memperoleh data yang relevan. Hasil penelitian ini adalah guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi dan guru perlu mengembangkan kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...