JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Pemahaman Konsep Dasar Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Statistik Pendidikan Mahasiswa Universitas Rokania

Suherman, Suherman (Unknown)
Erwis, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Studi ini menginvestigasi pengaruh motivasi belajar dan kemampuan matematika terhadap pemahaman statistik pada sekelompok individu. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar secara signifikan mempengaruhi pemahaman statistik sebesar 81,1%, sementara kemampuan matematika memberikan kontribusi sebesar 34,2%. Kombinasi dari kedua faktor ini mampu menjelaskan sekitar 82,5% variasi dalam pemahaman statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kemampuan matematika berperan penting dalam meningkatkan pemahaman statistik, dengan hubungan yang kuat antara keduanya. Penemuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan, menyarankan perlunya pengembangan strategi yang memperhatikan motivasi belajar dan peningkatan kemampuan matematika untuk meningkatkan pemahaman statistik mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...