JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Menyimpang (Studi Kasus Perilaku Cyberbullying pada Mahasiswa Untirta)

Daffa Aqiilah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Hayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Subhan Widiansyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Cyberbullying merupakan perilaku seseorang yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, handphone, komputer, kamera, audio, video dan media sosial yang merekam untuk berbagi sms, gambar, atau bahkan video yang mengganggu seseorang, memberikan ancaman, tipuan, menyebarkan keburukan bahkan mengganggu dan meneror orang lain. Cyberbullying tersebut terbagi menjadi berbagai bentuk seperti cyberstalking, outing, flaming, deningration, harassment, dan impersonations. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalan kualitatif dengan metode studi kasus dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori behaviorisme Freddic Skinner. Sehingga penelitian ini akan menjabarkan bentuk perilaku cyberbullying yang terjadi pada mahasiswa Untirta, dan menjelaskan bagaimana media sosial menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perilaku cyberbullying tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...