Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa Kelas IV SDN 04 Pauh Kota Padang belum runtut dalam penulisan dan masih kesulitan untuk mengembangkan kerangka karangan dan belum bisa menentukan judul untuk karangannya sendiri, serta ejaan peserta didik masih terdapat kesalahan dalam pemakaian huruf kapital, penggunaan tanda baca, penulisan judul yang salah, dan pemilihan kata yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan keterampilan menulis teks narasi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write di kelas IV SD Negeri 04 Pauh, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes sedangkan instrumen penelitian melalui lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata untuk nilai aktivitas guru dan peserta didik pada siklus 1 pertemuan 1 dan 2 yaitu 82,5 dengan kualifikasi Baik (B). Kemudian pada siklus II diperoleh nilai untuk aktivitas guru 95 dan aktivitas peserta didik 95 dengan kualifikasi sangat baik (A).
Copyrights © 2024