Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh penyandang disabilitas netra dalam belajar matematika, terutama dalam mengenal braille bilangan asli sampai dengan 20, karena keterbatasan media pembelajaran yang ada. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan alat PATOBA yang dirancang untuk membantu pengenalan braille bilangan asli sampai dengan 20 melalui pembelajaran yang melibatkan indera pendengaran dan perabaan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model Borg and Gall dan mencakup lima tahap pengembangan. Produk ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu dosen elektronika UNP, dosen ahli disabilitas netra, dan guru pendidik, dan memperoleh skor rata-rata 89%, yang dikategorikan sangat valid. Uji coba praktikalitas pengguna menunjukkan hasil 91%, yang dikategorikan sangat praktis. Saran dan komentar dari validator serta pengguna menunjukkan bahwa PATOBA efektif digunakan dalam pembelajaran matematika bagi anak dengan disabilitas netra.
Copyrights © 2024