Penelitian ini dilatar belakangi dengan dilakukannya obeservasi pada pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 19 Lurah Barangin sebelum menggunakan model RADEC. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD N 19 Lurah Barangin bahwa masih ditemukan pesrta didik yang belum aktif dalam belajar dan masih tergantung pada guru, dan model yang digunakan masih mengunakan model pembelajaran biasa, dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan masih guru yang lebih aktif ketimbang peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Subjek peneliti adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik dengan menggunakan model RADEC pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 73,89. Kemudian meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 88,39. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model RADEC dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 19 Lurah Barangin.
Copyrights © 2024