JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Praktik Modal Sosial Siswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus Alumni SMAN 97 Jakarta Angkatan 2022)

Amaral, Rendra (Unknown)
Lindawati, Yustika Irfani (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif yang mana bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Praktik Modal dilakukan pada Alumni SMAN 97 Jakarta yang memanfaatkan modal sosial yang mereka miliki untuk mempersiapkan diri dalam prosesnya untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Penelitian ini Menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kualitatif semi tersruktur, observasi langsung, dan dokumentasi adapun teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Teori dari James S. Coleman yaitu Modal Sosial dengan tiga pilar utama yaitu Kepercayaan/Trust, Arus Informasi, dan Norma. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Praktik Modal yang dilakukan Alumni SMA Negeri 97 Jakarta bahwa (1) Kepercayaan/Trust bereperan dalam membentuk kelompok belajar. (2) Arus Informasi/Relasi dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi seputar Perguruan Tinggi Negeri, (3) Norma, berperan mengikat dan memberikan sanksi sosial agar individu tidak melakukan semaunya sendiri sehingga terciptanya praktik modal yang dilakukan oleh Alumni SMA Negeri 97 Jakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...