JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Job Demands, Organizational Commitment terhadap Turnover Intention melalui Mediasi Burnout pada Karyawan Perusahaan Cakap

Indra, Indra (Unknown)
Warsindah, Lucy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Job Demands dan Organizational Commitment terhadap Turnover Intention yang dimediasi oleh Burnout pada karyawan perusahaan Cakap kota Jakarta dan Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 180 dari total populasi 376 karyawan. Uji Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji goodnes of fit. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Metode SEM (Structural Equation Modelling dengan software SPSS versi 25 dan Amos versi 25. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan job demands berpengaruh positif terhadap turnover intention, job demands berpengaruh positif terhadap burnout, organizational commitment berpengaruh negatif terhadap turnover intention, organizational commitment berpengaruh negatif terhadap burnout, burnout berpengaruh positif terhadap turnover intention, burnout memediasi secara parsial pengaruh job demands terhadap turnover intention, dan burnout memediasi secara penuh pengaruh organizational commitment terhadap turnover intention. Implikasi manajerial dari penelitian ini diharapkan manajer dapat menurunkan job demands dengan membagi pekerjaan secara adil dan efisien, meningkatkan organizational commitment dengan mensosialisasikan nilai-nilai perusahaan dan memberikan persepsi positif tentang masa depan perusahaan, menurunkan burnout dengan memberikan tantangan pekerjaan atau reward spesifik, serta menurunkan turnover intention dengan mengidentifikasi kebutuhan dan memberikan penghargaan kepada karyawan yang konsisten memenuhi tanggung jawabnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...