JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Korelasi Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh

Cahya Dini, Aprilia (Unknown)
Olva Zuve, Farel (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024, yaitu sebanyak 199 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, yaitu 40 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan menyimak sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yakni tes tulis untuk mengukur keterampilan menyimak siswa dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, menyimak teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,18. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,01. Ketiga, hasil pengujian korelasi menunjukkan (rh= 0,912) > (rt=0,312). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...