JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perencanaan Ulang Desain terhadap Keberadaan RPTRA sebagai Ruang Publik dengan Konsep Kota Layak Anak

Parulian, Yohanes (Unknown)
Rahmayanti, Henita (Unknown)
Saleh, Rosmawita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau biasa disebut RPTRA merupakan Ruang Publik Terbuka dilengkapi berbagai sarana prasarana didalamnya yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai pusat interaksi publik sekaligus media pembelajaran dan pengembangan minat bakat yang aman serta baik untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan desain ulang terhadap keberadaan RPTRA Bunga Rampai dengan konsep Kota Layak Anak (KLA) ditinjau dari aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, kenyamanan, daya tarik, dan aksesibilitas. Hasil dari penelitian ini berupa desain sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan memenuhi aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, kenyamanan, daya tarik, dan aksesibilitas sebagai peningkatan sarana dan prasarana pada RPTRA Bunga Rampai. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara, dan penyebaran kuisioner kepada pengunjung RPTRA guna mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat dan yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian pada kondisi sarana dan prasarana di RPTRA Bunga Rampai ditinjau dari aspek kesehatan, keamanan, kenyamanan, dan daya tarik mendapatkan peniliain “Baik”, namun tetap melakukan perawatan dan pemeliharaan agar fungsi dari sarana dan prasarana tersebut dalam berjalan dengan baik bagi masyarakat. Sedangkan pada kondisi sarana dan prasarana di RPTRA Bunga Rampai ditinjau dari aspek keamanan dan aksesibilitas mendapatkan penilaian “Tidak Baik” sehingga perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan dengan melakukan perencanaan ulang desain pada sarana dan prasarana untuk meningkatkan Aspek tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...