Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual pada pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 115 Buton. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Desain pelitian ini dilaksanakan di SDN 115 Kecamatan Wabula Kabupaten Buton. Fokus penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN 115 Buton yang berjumlah 12 orang siswa. Data dan sumber data yakni ialah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik keabshaan data menggunakan uji validitas internal, uji validitas eksternal, uji reliabilitas, dan uji objektivitas. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran sudah sangat mendukung, terlihat pada proses pembelajaran belajar yakni dapat menarik perhatian siswa untuk belajar, 3) materi pembelajaran menjadi lebih jelas, dan mudah dipahami dan efektivitas pembelalajaran menjadi lebih efektif, 2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 115 Buton yakni yaitu 1) mampu memberikan penjelasan sederhana dengan memfokuskan pertanyaan, mengevaluasi argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan menantang,; 2) mampu membangun keterampilan dasar dengan mempertimbangkan kredibilitas (kriteria suatu sumber), mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi, 3) mampu menyimpulkan dengan mempertimbangkan hasil deduksi, mendeduksi dan keterampilan dasar dengan mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi, 4) menjelaskan lanjut, mempunyai berbagai solusi atau alasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal atau permasalahan yang ada dengan logika dan relevan berdasarkan permasalahan yang dihadapi, 5) mengatur strategi sehingga, mampu untuk mengidentifkasi alasan dan menentukan suatu tindakan dengan memberikan alasan apa yang sesuai dengan permasalahan.
Copyrights © 2024