JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 115 Buton

Fajrianti, Fajrianti (Unknown)
Kaif, Sitti Hermayanti (Unknown)
Kaif, Siti Rahmatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual pada pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 115 Buton. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Desain pelitian ini dilaksanakan di SDN 115 Kecamatan Wabula Kabupaten Buton. Fokus penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN 115 Buton yang berjumlah 12 orang siswa. Data dan sumber data yakni ialah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik keabshaan data menggunakan uji validitas internal, uji validitas eksternal, uji reliabilitas, dan uji objektivitas. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran sudah sangat mendukung, terlihat pada proses pembelajaran belajar yakni dapat menarik perhatian siswa untuk belajar, 3) materi pembelajaran menjadi lebih jelas, dan mudah dipahami dan efektivitas pembelalajaran menjadi lebih efektif, 2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 115 Buton yakni yaitu 1) mampu memberikan penjelasan sederhana dengan memfokuskan pertanyaan, mengevaluasi argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan menantang,; 2) mampu membangun keterampilan dasar dengan mempertimbangkan kredibilitas (kriteria suatu sumber), mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi, 3) mampu menyimpulkan dengan mempertimbangkan hasil deduksi, mendeduksi dan keterampilan dasar dengan mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi, 4) menjelaskan lanjut, mempunyai berbagai solusi atau alasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal atau permasalahan yang ada dengan logika dan relevan berdasarkan permasalahan yang dihadapi, 5) mengatur strategi sehingga, mampu untuk mengidentifkasi alasan dan menentukan suatu tindakan dengan memberikan alasan apa yang sesuai dengan permasalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...