Penelitian ini bermula dari kurangnya minat membaca Al-Quran dikalangan pelajar. Dilakukan di PAUD Fithri, Desa Teluk Pulai Dalam, Kecamatan Kualuh Leidong, Kabupaten Labuhanbatu Utara, penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi yang diterapkan untuk meningkatkan minat membaca Al-Quran di lembaga tersebut. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk mengamati langsung proses pembelajaran yang dilakukan guru di PAUD Fithri guna meningkatkan minat membaca Al-Quran. Selain itu, wawancara juga dilakukan untuk mengumpulkan data tambahan guna mendukung penelitian ini. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa temuan penting sebagai berikut: 1) Metode tahfizh yang digunakan guru dalam pengajaran membaca dan menulis Al-Quran terbukti efektif. Metode ini disesuaikan dengan bahan ajar sehingga memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran. 2) Penerapan metode tahfizh secara signifikan meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur'an siswa. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa dengan teknik yang benar, serta menunjukkan keseriusan, ketekunan dan kepuasan dalam menguasai keterampilan tersebut. 3) Metode tahfizh yang diterapkan berhasil meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil angket yang menunjukkan kemajuan dalam penguasaan huruf, bacaan dan tanda baca Al-Qur'an. Pada siklus I, 53% siswa belum bisa membaca Al-Qur'an, namun setelah diterapkan metode tahfizh pada siklus II, 75% siswa sudah mampu membaca Al-Qur'an. Pada siklus III, 85% siswa menunjukkan kemajuan yang lebih bagus dalam kemampuan membaca Al-Quran. Secara keseluruhan, PAUD Fithri yang terletak di Desa Teluk Pulai Dalam, Kecamatan Kualuh Leidong, Kabupaten Labuhanbatu Utara, efektif menerapkan metode tahfidz untuk merangsang minat membaca di kalangan siswa.
Copyrights © 2024