JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Menerapkan Mutu Standar Isi Pendidikan Sekolah/Madrasah

Kurniawaty, Dwi (Unknown)
Syarif, Irsil (Unknown)
Ansori, Ansori (Unknown)
H. Jamrizal, H. Jamrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, kerangka standardisasi nasional yang dikenal sebagai Standar Nasional Pendidikan (SNP) dibentuk untuk menetapkan standar kualitas pendidikan. Sistem pendidikan negara ini menghadapi banyak masalah besar selama tahap penerapan. Konsep implementasi kebijakan sebagai bagian dari proses kebijakan masih dibahas oleh banyak ahli. Sistem pendidikan ini menghadapi tantangan eksternal dan internal. Sesuai dengan peraturan sistem pendidikan nasional, institusi pendidikan harus selalu berusaha untuk menjaga pengendalian kualitas yang baik bagi para pemangku kepentingannya. SNP berperan sebagai patokan minimum untuk sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk mencapai standar pendidikan nasional, standar tersebut dirancang untuk menjadi dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan. Kualitas pendidikan meliputi input, proses, output, dan hasil, serta seberapa efektif proses perubahan sikap dan perilaku individu atau kelompok dalam upaya mendekatkan manusia kepada Tuhan melalui bimbingan, pengajaran, dan pelatihan. Kualitas pendidikan diukur berdasarkan seberapa baik atau buruk proses tersebut. Input pendidikan dianggap berkualitas jika sudah siap untuk diproses.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...