JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Penggunaan Gadget, Fasilitas Belajar, dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Putri Deslianti (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Vivina Eprillison (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Stevani Stevani (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh kesiapan belajar, disiplin belajar, penggunaan gadget, fasilitas belajar, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII terpadu di SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Kedua disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Ketiga penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Keempat fasilitas belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Kelima kondisi sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Keenam kesiapan belajar, disiplin belajar, penggunaan gadget, fasilitas belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...