JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Minat Belajar Siswa dalam Pembuatan Pola Dasar Badan Wanita pada Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana melalui Media Job Sheet pada Kelas XII di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh

Cici Pratama Annesta (Universitas Negeri Padang)
Puspaneli Puspaneli (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini termasuk Mendiskripsikan minat siswa kelas XII di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dalam keterampilan tata busana pembuatan pola badan wanita dilihat dari segi ketepatan pola, Mendiskripsikan minat siswa kelas XII di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dalam kerterampilan tata busana pembuatan pola badan wanita dilihat dari segi perhatian, Mendiskripsikan minat siswa kelas XII di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dalam keterampilan tata busana pada pembuatan pola badan wanita dilihat dari segi perasaan senang. Penelitian ini termasuk jenis indikator dalam penelitian ini berupa ketepatan pola, perhatian, perasaan senang (jumlah kehadiran) siswa terhadap mata pelajaran keterampilan tata busana membuat pola sistem dressmaking. Instrument penelitian berupa angket evaluasi pembelajaran dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis klasifikasi data variabel minat belajar siswa dalam pembuatan pola dasar badan wanita pada mata pelajar keterampilan tata busana melalui media job sheet pada kelas XII di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh di peroleh rata-rata skor variabel minat siswa 80% sedangkan tingkat pencapaian respondennya sebesar 79,8%, berarti yang kurang berminat sisanya yaitu 80%. Ini berarti bahwa secara keseluruhan minat siswa pada mata pelajar keterampilan tata busana membuat pola dengan pola sistem dressmaking menggambarkan minatnya Baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...