Penelitian ini mengkaji masalah yang dihadapi di SLB Hikmah Reformasi Padang, khususnya pada seorang siswa dengan tunagrahita ringan yang belum mampu mengurutkan bilangan dari 1 hingga 5 secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan menggunakan video animasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen melalui Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Data dianalisis dengan menggunakan grafik visual. Teknik pengumpulan data melibatkan tes dan alat pengumpul data berupa soal tes. Subjek penelitian adalah siswa di Kelas VI SLB Hikmah Reformasi Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A), dengan tiga kali pengamatan, persentase kemampuannya adalah 30%, 30%, dan 30%. Namun, pada kondisi intervensi (B), dengan tujuh kali pengamatan, persentase kemampuannya meningkat menjadi 70%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%, dan 90%. Kesimpulannya, penggunaan video animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mengurutkan bilangan dari 1 hingga 5 pada siswa tunagrahita ringan di Kelas VI SLB Hikmah Reformasi.
Copyrights © 2024