JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Mengurutkan Kemampuan Bilangan 1-5 Menggunakan Video Animasi pada untuk Disabilitas Intelektual Ringan

Rahmi, Miftahur (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah yang dihadapi di SLB Hikmah Reformasi Padang, khususnya pada seorang siswa dengan tunagrahita ringan yang belum mampu mengurutkan bilangan dari 1 hingga 5 secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan menggunakan video animasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen melalui Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Data dianalisis dengan menggunakan grafik visual. Teknik pengumpulan data melibatkan tes dan alat pengumpul data berupa soal tes. Subjek penelitian adalah siswa di Kelas VI SLB Hikmah Reformasi Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A), dengan tiga kali pengamatan, persentase kemampuannya adalah 30%, 30%, dan 30%. Namun, pada kondisi intervensi (B), dengan tujuh kali pengamatan, persentase kemampuannya meningkat menjadi 70%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%, dan 90%. Kesimpulannya, penggunaan video animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mengurutkan bilangan dari 1 hingga 5 pada siswa tunagrahita ringan di Kelas VI SLB Hikmah Reformasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...