JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, Reward, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Herlina, Herlina (Unknown)
Areva, Desi (Unknown)
Rahmania, Meri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, reward, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X/Fase E di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Sampel berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling berdsarkan pendidikan orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara reward terhadap prestasi belajar. (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. (6) terdapat pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, reward, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...