Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, reward, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X/Fase E di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Sampel berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling berdsarkan pendidikan orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara reward terhadap prestasi belajar. (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. (6) terdapat pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, reward, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2024