JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Inovai Partai Golongan Karya (Golkar) DPC Sungai Penuh dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif di Kota Sungai Penuh

Gilang Nugraha Pratama (Universitas Negeri Padang)
Aldri Frinaldi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi inovatif Partai Golongan Karya (Golkar) DPC Sungai Penuh dalam memenangkan Pemilihan Legislatif di Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis konten untuk mengevaluasi berbagai strategi yang diterapkan oleh Golkar dalam kampanye pemilu. Temuan utama menunjukkan bahwa Golkar DPC Sungai Penuh telah mengadopsi strategi kampanye digital yang efektif dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk memperluas jangkauan pemilih dan membangun citra modern. Partai ini juga mengadakan webinar dan diskusi daring untuk meningkatkan interaksi langsung dengan konstituen. Selain itu, pemberdayaan relawan melalui pelatihan intensif dan kampanye door-to-door telah memperkuat dukungan masyarakat. Partai juga aktif dalam program sosial dan kegiatan kemasyarakatan, yang meningkatkan citra positif mereka di mata publik. Penggunaan data dan analisis pemilih memungkinkan Golkar untuk menyusun pesan kampanye yang lebih personal dan efektif, serta mengalokasikan sumber daya kampanye dengan lebih efisien. Kesimpulannya, strategi komprehensif dan berbasis data yang diterapkan oleh Golkar DPC Sungai Penuh menunjukkan adaptasi yang sukses terhadap perkembangan teknologi dan tren komunikasi modern, serta meningkatkan efektivitas kampanye dan relevansi partai dalam kontestasi politik yang kompetitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...