JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Disiplin Belajar dan Rasa Tanggung Jawab dalam Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 21 Singkawang

Pariza, Pariza (Unknown)
Zulfahita, Zulfahita (Unknown)
Mertika, Mertika (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa kelas 2 SDN 21 Singkawang, 2) mendeskripsikan rasa tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran, dan 3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi kedisiplinan belajar dan tanggung jawab siswa kelas 2 SDN 21 Singkawang. Jenis penelitian kualitatif dan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara langsung, dan studi dokumenter. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas 2 masih kurang, kurang memperhatikan guru, lambat dalam menyelesaikan tugas, menggunakan bahasa yang baik, dan teliti. Siswa masih kurang bertanggung jawab terhadap guru dalam hal tanggung jawab. Aturan, teguran, nasihat, contoh positif, dan metode pengajaran yang memotivasi yang digunakan pendidik untuk mengatasi kedisiplinan belajar dan tanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...