JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meta-analisis: Praktikalitas Booklet sebagai Media Pembelajaran Biologi Berdasarkan Penilaian Guru dan Peserta Didik

Maulani, Tasya (Unknown)
Alberida, Heffi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Usaha guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik dapat diwujudkan dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran biologi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, salah satu bentuk media pembelajaran adalah booklet. Pengembangan booklet harus memenuhi kriteria kepraktisan yang mengindikasikan kemudahan dalam penggunaannya. Kepraktisan booklet sebagai media pembelajaran biologi diukur melalui uji praktikalitas yang bertujuan untuk mengevaluasi kepraktisan booklet sebagai media pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa meta-analisis yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai penelitian yang sudah ada (data sekunder). Hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik dari 5 artikel dan 5 skripsi, memperoleh persentase sebesar 89,84% dan 88,90% dengan kriteria sangat praktis. Hasil dari pengakumulasian nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik didapatkan persentase sebesar 89,37% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa booklet sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...