JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Takalintar terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Perkalian Bersusun di Kelas III SDN 26 SeiBun

Riyanti, Vera (Unknown)
Yulita, Yulita (Unknown)
Eferdi, Jalius (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Perkalian bersusun masih dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, karena butuh kemampuan untuk melakukan operasi perkalian secara berurutan dan peletakan posisi bilangan yang tepat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media takalintar terhadap hasil belajar kognitif dalam materi perkalian bersusun di kelas III SDN 26 Sei Bun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata pretest adalah 67,63 dan nilai rata-rata posttest adalah 71,72. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung 0,633 > ttabel 0,576, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media takalintar terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam materi perkalian bersusun di kelas III SDN 26 Sei Bun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...