JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Aprianti, Maidinda (Unknown)
Purwantono, Purwantono (Unknown)
Karudin, Arwizet (Unknown)
Rifelino, Rifelino (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dalam merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi atau keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Tanjung Raya yang di fokuskan pada mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dan XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TPM 1. Instrumen yang digunakan adalah angket siswa dan guru. Data pada penelitian yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dari angket siswa diperoleh bahwa implementasi kurikulum Merdeka belajar sudah berada pada kategori sangat baik dengan persentase frekuensi sebesar 85,6%. Dan untuk angket guru, diperoleh data persentase frekuensi sebesar 93,33% dengan kategori sangat baik. Untuk rata-rata persentase keseluruhannnya yaitu 89,47%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Di SMK Negeri 1 Tanjung Raya sudah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...