Penelitian ini dilakukan karena beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran vocabulary. Pertama, banyak dari siswa yang sulit mempertahakan kosakata. Kedua, hanya sedikit siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Ketiga, guru tidak pernah meminta siswa untuk mempraktekan kosakata yang telah mereka pelajari dikarenakan waktu yang terbatas, serta media yang digunakan guru kurang menarik. Desain penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa dan 56 siswa sebagai sample. Instrument penelitian ini adalah test vocabulary. Untuk mengolah data, peneliti menggunakan SPSS Versi 2.5 untuk windows. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lagu terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas 5 SD IT Insan Kamil Bukittinggi. Lagu, dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga membuat siswa lebih mudah mengingat, lebih tertarik dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, mengajarkan kosakata dengan menggunakan lagu adalah solusi alternative untuk guru dalam mengajarkan kosakata kepada siswa. Lagu dapat membuat siswa lebih santai dalam mempelajari kosakata baru, sehingga mereka dapat mempertahan kannya dengan mudah. Artinya, lagu adalah media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Copyrights © 2024