Kemampuan membaca anak usia dini merupakan bekal yang penting untuk memasuki pendidikan jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Namun di era zaman yang semakin maju ini, ada teknologi yang bisa memberikan efek negatif pada anak berupa kecanduan memainkan gadget hingga lupa waktu, di sekolah pun anak menjadi kurang fokus dan kekurangan minat untuk membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permainan edukatif matras ular tangga dalam meningkatkan minat baca siswa di PAUD Al-Aqso Garut. Penelitian dilakukan pada 8 anak kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Al-Aqso Garut dengan metode tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 x pertemuan setiap siklus. Perkembangan minat baca pada Pra siklus menunjukan anak dengan kriteria BB 58%, MB 25%, BSH 18,75%, BSB 0%. Pada siklus I menunjukan anak dengan kriteria BB 25%, MB 18,75%, BSH 56%, BSB 0%. Siklus I menunjukan masih ada anak yang belum berkembang sebanyak 25%, kemudian penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan hasil yang menunjukan anak dengan kriteria BB 0%, MB 8,3%, BSH 81,25%, dan BSB 10%. Penelitian dikatakan berhasil dan berhenti pada siklus II karena sudah mencapai 70% sesuai teori Kemmis & Mc Taggart. Pada siklus II sudah tidak ada anak dengan kriteria BB (0%), dan ada anak dengan kriteria BSB sebanyak 10%.
Copyrights © 2024