JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Keragaman terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 48 Singkawang

Shelen, Cheseliana Afriana (Unknown)
Murdani, Eka (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Mengatahui perbeda hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran pendidikan pancasila di SDN 48 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 48 Singkawang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Guasi Eksperimen, dalam bentuk Posttets-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 48 Singkawang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 59 siswa, yaitu 29 orang siswa kelas IVA dan 30 orang siswa kelas IVB. Sampel di ambil menggunakan teknik simplerandom sampling. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stara yang ada dalam populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar soal hasil belajar dengan bentukm Essay 5 soal. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U-Test, dan uji Effect Size. Hasil analisis didapatkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan 1) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dihitung dengan uji t dua sampel dengan hasil thitung > ttabel yaitu 22,199>2,033 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Model PBL berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 48 Singkawang pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model PBL dengan hasil uji effect size 5,7 kriteria tinggi. Jadi dapat di simpulkan terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 48 Singkawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...