Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin modern, menyebabkan siswa kurang memahami kebudayaan lokal. Hal ini diperparah oleh terbatasnya media pembelajaran, metode ceramah yang sering digunakan guru, dan kurangnya interaktivitas pembelajaran, yang berdampak pada hasil belajar siswa di bawah KKM 73%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran komik "Bermain dan Belajar Seni Tari Jaranan Kediri" pada materi kebudayaan lokal di kelas 4 SD. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 4 Mojoroto Kota Kediri sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran komik valid dengan persentase validasi 80% dari media dan 90% dari materi, praktis dengan persentase respon guru 92,5% dan respon siswa 90%, serta efektif dengan nilai post-test 100%. Media ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024