JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kesebangunan Berbantuan Classpoint

Nabila Ayu Pertiwi (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Y. Gatot Aji Suseno (SMP Negeri 1 Semarang)
M. Saifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi kesebangunan melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantu classpoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah melalui empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2024 di SMP Negeri 1 Semarang dengan subjek penelitian 34 siswa dari kelas VII D tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 62,5 dan persentase siswa dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal mencapai 35%, sementara siswa yang tuntas 65%. Setelah pelaksanaan siklus 1, didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 79,1 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82% yang mengindikasikan terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan tindakan pembelajaran yang telah direncanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...