Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar negeri 013 Balikpapan Barat. Mengingat peran penting teman sebaya dalam perkembangan sosial dan akademik siswa, penelitian ini mengeksplorasi apakah adanya dukungan atau interaksi dari teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 sampel dari 75 populasi yang ada. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Didapatkan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 0.945 dengan nilai signifikansi 0.353, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Hal ini bisa dilihat dari nilai t hitung (0.945) < t tabel (1.701) dan nilai signifikansi 0.353 > 0.05, yang artinya bahwa tidak ada pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 013 Balikpapan Barat.
Copyrights © 2024